Pengertian Table Manner

Table manner atau etiket makan tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Dalam ilmu khusus yaitu perhotelan, table manner merupakan hal yang perlu diperhatikan dengan baik. Sebenarnya, apa itu pengertian table manner ?

Table manner alias etiket makan merupakan suatu aturan tersendiri dalam sebuah jamuan makan yang terdiri dari beberapa tahap menu yang dihidangkan bergantian dari mulai pembuka (appetizer) sampai pada tahap penutup (dessert).

Pada aturan makan ini si penikmat hidangan mesti mengetahui aturan-aturan, etika dan sopan santun yang berlaku selama jamuan makan berlangsung, selain aturan pemakaian tahapan peralatan makan juga diantaranya etika duduk, etika makan dan minum, serta etika berbicara.

Table manner selama ini identik dengan acara jamuan makan resmi bergaya Barat.  Sebenarnya tidak demikian.  Etiket makan tidak hanya ada di negara-negara barat. Di negara lain seperti Jepang, Cina, termasuk di Indonesia pun, dikenal etiket makan.

Selain itu, etik Makan atau Table Manner juga diartikan sebagai aturan yang harus dilakukan saat bersantap bersama di meja makan. Etika makan diperkenalkan oleh bangsa Eropa yang merupakan aturan standar terutama saat bersantap bersama-sama di sebuah acara resmi atau acara makan bersama di keluarga besar.

Baca Juga : Kegiatan Mock up wetdriil dan fire fighting siswa PSPP

Meskipun sebebarnya Etika tersebut telah ada jauh sebelum peradaban Eropa menyebar ke seluruh dunia. Jika mampu menunjukkan sopan santun di meja makan, sebenarnya secara tidak langsung menunjukkan kualitas pergaulan, intelektualitas dan etika pergaulan seseorang.

Etika makan tidak dibentuk secara tiba-tiba. Kualitas etika makan harus dilakukan sejak usia anak dan remaja. Dengan kebiasaan sehari-hari dengan melakukan etika makan yang baik maka merupakan proses pembelajaran yang sangat baik.

Bila etika makan dibentuk secara instan maka akan menghasilkan kualitas etika makan yang canggung dan tidak luwes. Bila seseorang diundang di sebuah restoran terkenal atau jamuan makan malam resmi dengan meja makan yang sudah di setting sedemikian rupa harus mengikuti aturan etika makan yang baik.

Setiap negara memiliki aturan meja makan yang berbeda-beda. Untuk masyarakat Indonesia, khususnya di kalangan profesional, table manner paling banyak diadopsi dari standar Amerika. Meski tentu saja tetap dicampur dengan adat kebiasaan orang Indonesia itu sendiri.

Ingin menjadi Pramugari Penerbangan Maskapai berkwalitas? Daftar Sekarang hubungi kak Sandy Ruswandi untuk bergabung di PSPP Penerbangan dimana tempat kamu didik dan dilatih untuk siap terjun didunia penerbangan, klik websie disini atau Telp/sms/wa 081373234375 atau only chat wa 085369077918

Share!

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *